Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Saking banyaknya alumni-alumni universitas seantero jagad Indonesia yang keluar setiap semesternya, maka sebanyak itu jugalah pekerjaan dibutuhkan untuk mereka. Ada yang berusaha untuk mandiri sendiri dengan membuka usaha sendiri dan ada juga yang berusaha untuk mendapatkan gaji tinggi dari perusahaan yang mereka inginkan.
Dari sana, banyaklah bertebaran surat lamaran kerja dengan tujuan yang bermacam ragam. Namun ada sebagian kawan kita yang masih bingung dengan cara membuat surat lamaran kerja yang baik.
So, kali ini manca akan mencoba untuk menuliskannya untuk kalian, semoga bisa dijadikan pedoman bagi siapa saja. Cekidot!!
Apa itu surat lamaran kerja?
Surat lamaran kerja adalah dokumen yang biasanya selalu disertai oleh CV atau Riawayat Hidup saat akan melamar pekerjaan. Surat ini memperjelas informasi yang telah kalian sertakan didalam CV kalian. Surat ini juga memberi peluang yang baik untuk menekankan lagi seperti apa kualifikasi kalian sebenarnya dan menjelaskan mengapa kalian cocok dengan pekerjaan yang ingin kalian lamar itu.
Cara menulis surat lamaran
Kalian bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini untuk membuat surat lamaran yang menarik:
1. Teliti perusahaan dan lowongan pekerjaan
Carilah informasi telebih dahulu tentang perusahaan yang ingin kalian lamar. Karena semakin kalian tahu dengan perusahaan dan posisi pekerjaan tersebut, maka semakin bagus dan baik kalian bisa merangkai kata untuk surat lamaran.
Diantara hal yang perlu kalian cari tahu adalah:
Prestasi apa yang mencolok dari perusahaan tersebut
Apa yang membuat perusahaan itu beda dengan yang lainnya
Apa saja keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk bidang yang akan kalian lamar
Sebesar apakah perusahaan tersebut
Setidaknya dengan itu nantinya kalian bisa menyesuaikan diri baik itu secara pribadi ataupun secara penulisan surat lamaran kerja kalian.
2. Gunakan format yang lebih profesional
Usahakan Surat lamaran kerja kalian memiliki format dan design yang terlihat profesional. Ya, walaupun kalian hanya akan melamar sebuah perusahaan kecil karena itu adalah daya tarik tersendiri bagi kalian.
Selain itu, cara penulisannya pun kalian harus perhatikan. Pastikan kalian menulis secara formal dengan baik. Seperti memakai awalan kata ‘Dengan hormat’ dan lain semacamnya. Karena hal itu membuktikan bahwa kita punya rasa keinginan yang besar dan sifat rendah hati yang baik.
3. Sebutkan posisi yang akan lamar
Buatlah pembuakaan surat dengan pernyataan yang jelas tentang posisi yang akan kalian lamar. Sebutkan juga nama perusahaannya. Kalian mungkin juga ingin memberitahukan di mana kalian melihat informasi tentang pekerjaan tersebut.
Jika kalian direkomendasikan oleh seseorang dari dalam perusahaan yang akan kalian lamar, pastikan untuk mencantumkan nama dan posisinya.
4. Jelaskan mengapa kalian cocok dengan pekerjaan itu
Pastikan juga kalian menuliskan: mengapa kalian paling cocok untuk lowongan pekerjaan itu. Berikan detail yang jelas mengenai pengalaman, keterampilan dan pendidikan kalian.
5. Sebutkan mengapa kalian menginginkan pekerjaan itu
Sertakan juga pernyataan pribadi tentang mengapa kalian menginginkan posisi pekerjaan tersebut. Perusahaan mungkin telah mengatakan spesifikasi yang mereka butuhkan dan itu sudah jelas harus kalian penuhi. Sebab itulah kalian bisa mengungkapkan betapa kalian menginginkan pekerjaan itu dan apa yang membuat kalian menginginkannya.
6. Sertakan penutupan yang baik
Sudah pasti kata akhir dari surat menyatakan terima kasih karena telah membaca dan melihat surat lamaran kalian dengan harapan kalian akan diterima oleh perusahaan tersebut. Selain itu, kalian juga wajib menyertakan segala berkas pendukung kalian yang dapat ditinjau lebih lanjut oleh perusahaan sebagai bahan pertimbangan selanjutnya.
Jangan lupa pula untuk menulis tawaran bahwa kalian siap memberikan informasi selanjutnya yang dibutuhkan oleh perusahaan tentang diri kalian dan tutuplah dengan segala “Hormat”.
Contoh Surat Lamaran Kerja
Berikut ini adalah contoh yang kiranya menyertakan cukup unsur yang telah kita bahas diatas. Kalian bisa menjadikannya sebagai referensi. Tapi manca juga tidak menyatakan bahwa Surat lamaran kerja kalian harus seperti ini.
Perihal: Lamaran Kerja
Lamp: –
Yth. Bapak/Ibu
HRD Ayani Clinic Women & Children
Di
Tempat
Sehubungan dengan adanya informasi lowongan pekerjaan pada posisi tenaga Bidan di Ayani Clinic Woment & Children dengan ini saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan. Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Annisa
Tempat/tgl lahir : Pasaman Utara/02 Februari 2000
Alamat : Paraman Ampalu, Kec Gunung Tuleh, Kab Pasaman Barat
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir : DIII Kebidanan
No. HP : 08289983733
Sebagai bahan pertimbangan dalam surat lamaran ini saya lampirkan:
1. Curiculum Vitae (CV)
2. Foto copy KTP
3. Foto copy Ijazah Terakhir
4. Foto copy Transkip Nilai
5. Foto copy STR
6. Foto copy Sertifikat APN
7. Foto copy Akreditasi Kampus
8. Foto copy Surat Pengalaman Kerja
9. Foto copy Sertifikat Pendukung
10. Pas Foto
Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat memberikan kesempatan untuk bergabung di Ayani Clinic Woment & Children yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya
Annisa
Kesimpulan
Bagaimana? Mungkin contoh yang manca berikan adalah format yang umum dibuat oleh pekerja kita di Indonesia. Namun kalian punya opsi untuk menambahkan poin-poin yang telah kita bahas ke dalam surat lamaran kerja kalian itu.
Tapi jika kalian tidak ingin repot-repot, membuat dengan format standar seperti contoh diatas pun juga sudah cukup. Kalian hanya perlu memperjelas CV (Curriculum Vitae) saja agar perusahaan tahu siapa kalian sebenarnya.
Mungkin segitulah yang bisa manca berikan, semoga bermanfaat.